Programs

Pendidikan Profesi Fotografer

Program utama IPPA dalam meningkatkan dan mengembangkan profesionalisme anggotanya sehingga dapat memberikan layanan jasa fotografi yang berstandar baik kepada masyarakat.
Program pengembangan dirancang sejalan dengan jenjang keanggotaan professional dalam IPPA.

Inkubasi Bisnis Fotografi

Program pencarian potensi dan bakat fotografi di berbagai wilayah Indonesia
Pengembangan fotografer-fotografer potensial melalui program pendidikan dan pengembangan terfokus
Dibimbing dan dibina bersama mentor-mentor fotografi dan berbagai bidang lainnya yang terkait dan mendukung

Kemenparekraf bersama IPPA sudah menjalankan program pada tahun 2020-2021 bertajuk CAPTURE

Penetapan dan Penguatan Profesi Fotografer

Sebagai sebuah Asosiasi Profesi, IPPA bertujuan untuk menempatkan profesi fotografi dalam perannya yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat luas.
Untuk itu IPPA perlu memperjuangkan kualitas profesionalisme anggotanya, tidak hanya mencakup skill dan wawasan, namun juga manajemen dan etika profesi fotografi yang kuat. Dengan demikian standar kerja juru foto harus sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan negara.
Pengakuan dan penetapan profesi fotografi di mata negara juga menjadi hal yang penting untuk mencapai tujuan di atas.

Sertifikasi Profesi Fotografer

Melaksanakan program sertifikasi fotografi untuk meningkatkan standar kompetensi para professional fotografi hingga dapat memberikan layanan jasa yang terstandar dan dapat dipertanggungjawabkan
Membentuk LSP Fotografi yang mengacu pada standar profesi SKKNI dan IPPA
Terbuka untuk anggota IPPA dan umum

Jejaring Fotografi Nasional dan Internasional

Membina dan mengembangkan jejaring bersama asosiasi fotografi baik di lingkup nasional maupun internasional. Diharapkan dengan demikian dapat saling mendukung dan menguatkan demi mencapai tujuan bersama.
Studi banding dan kunjungan untuk bertukar wawasan dan pemahaman terhadap isu-isu fotografi yang sedang berkembang dapat dilakukan kepada berbagai asosiasi/lembaga serupa di berbagai wilayah atau antar negara.

Peta Potensi Fotografi Indonesia

Memetakan para professional fotografer yang beraktifitas di wilayah Indonesia (Skill/ketrampilan, Fasilitas, Bidang fotografi, Nilai pekerjaan, dll)
Dilaksanakan secara swadaya dan mengandalkan jejaring serta keterlibatan masyarakat (crowd sourcing)
Memetakan kapasitas fotografi terkait wilayah-wilayah potensial dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif

Pameran dan Festival Fotografi

Program apresiasi karya dan pengembangan literasi visual bagi masyarakat luas dilaksanakan dalam kegiatan pameran dan festival fotografi.
Kegiatan dapat dilakukan di berbagai wilayah Indonesia untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap karya-karya fotografi bermutu.

Kamus dan Direktori Fotografi

Bekerjasama dengan berbagai lembaga edukasi serta komunitas/kelompok fotografi di Indonesia untuk mengembangkan Kamus dan Direktori Fotografi Indonesia.
Diharapkan materi yang akan disebarluaskan kepada masyarakat ini dapat menjadi acuan baik bagi professional, lingkup pendidikan, maupun masyarakat luas.
Materi kamus dan direktori dapat diwujudkan dalam format tercetak maupun secara digital online sehingga memudahkan untuk diakses.

Anugerah Fotografi Indonesia

Penghargaan bagi insan-insan yang berperan dan berkontribusi bagi perkembangan fotografi di Indonesia.
Penghargaan tersebut diberikan tidak hanya kepada pelaku fotografi, namun juga mereka di berbagai bidang lain yang berkontribusi pada perkembangan fotografi - baik yang masih aktif maupun sudah tiada.

Wawasan Fotografi Masyarakat

Pengembangan wawasan dan literasi bagi masyarakat luas (awam) terkait hal-hal fotografi dari berbagai aspek (teknologi, style, etika, pemanfaatan fotografi, profesi, dll)
Diharapkan penggunaan medium fotografi yang tepat dapat berkembang di masyarakat dan juga apresiasi terhadap profesi fotografi.

For affilitation please